jeudi 12 avril 2007

Les Arcs Sur Argens

Sampai di stasiun kereta Les Arcs jam 20.10 hari minggu kemarin, setelah melakukan perjalanan selama 4 jam 20 menit dengan menggunakan TGV ( Train Grand Vitesse), langsung dari Gare de Lyon. Walaupun sebelumnya pernah naik Thalys (untuk Belgia) ataupun Eurostar (untuk London, Inggris), tapi untuk pertama kalinya aku naik TGV kekota lain di Perancis, karena biasanya naik mobil dan membutuhkan waktu hampir 10 jam (setelah ditambah waktu makan dan ke toilet). Perjalanan dengan TGV memang sangat menyenangkan terutama di Bar dimana bisa melemaskan pinggang sambil menikmati kopi dan pemandangan, aku langsung teringat tugas Container beberapa waktu lalu.

Untuk tidak keliru, di Perancis ada dua kota yang bernama Les Arcs. Kota yang pertama, terletak di daerah pegunungan Alpen, dimana terdapat stasiun ski. Les Arcs, dimana terdapat villa kita terletak di Departement Var (83), tetangga nya Cote d'Azur (Nice, Cannes dll.). Kalau Les Arcs yang pertama, kita bisa ber ski-ria, untuk Les Arcs yang kedua, kita bisa berjemur ataupun berenang di pantai, karena hanya 30 menit dari pantai, yang terletak disebuah kota yang bernama Saint Maxime. Karena terdapat sungai yang melintas di kota ini, Argens. Maka orang-orang memanggil nya Les Arcs sur Argens.

Les Arcs, adalah sebuah kota kecil dimana penduduknya hanya sekitar 6000 orang, dan seperti kebanyakan kota kecil di Perancis. Sebagian besar penduduk nya adalah orang-orang lanjut usia. Sekarang ini, banyak turis yang datang untuk berlibur dikota ini, tidak hanya dari kota-kota lain tetapi juga mancanegara yang membuat kota ini jadi lebih hidup, tetapi ketika musim dingin tiba, bisa dibilang kota ini mati. Mungkin yang paling menarik untuk dikunjungi di kota ini adalan Village Medieval kalau tidak yah jalan-jalan didalam kota ini dimana kita bisa mengenal lebih dekat ciri khas kota-kota diselatan Perancis.