dimanche 25 février 2007

Hier, Aujourd'hui, Demain

Hier, Aujourd'hui, Demain.... atau Kemarin, Hari ini, Esok....
Adalah suatu suatu tema dikelas komunikasi visual yang aku kerjakan ketika berada dikelas persiapan untuk masuk sekolah seni aplikasi awal tahun 2005. Maksud dari tema tersebut adalah bagaimana kita menemukan cara untuk mengekspresikan 3 kata tersebut kedalam gambar ataupun photo.
Dua tahun telah berlalu, walaupun bukan suatu peristiwa terbaru yang terjadi pada diriku, tapi topik ini cukup menarik untuk dibahas karena dapat memberikan penjelasan kepada pembaca mengapa Hier, Aujourd'hui, Demain menjadi 3 kata yang menjadi inspirasi untuk menulis dalam blog ini.
Less is more.... kalimat inilah yang banyak membantuku dalam proses pencarian ide yang menarik dan mampu membantu menceritakan apa yang aku pikirkan mengenai tema tersebut, yang membawa ku pada suatu benda kecil namun berguna, korek api.
KOREK API, sederhana tapi penuh arti dimana Api merupakan salah satu unsur kehidupan dan setiap orang memerlukan unsur kehidupan ini untuk memenui kebutuhan sehari-hari. Tapi kemudian ada satu pertanyaan yang timbul, berapa banyak orang yang membutuhkan korek api untuk melengkapi kebutuhannya karena semua telah disediakan oleh teknologi untuk memudahkan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Pertanyaan ini mungkin saja mudah untuk dijawab, tapi seberapa jauh kepekaan manusia dibalik sebatang korek api. Besar kemungkinan bahwa sebatang korek api mampu menghidupi hidup kita. Sedikit kepekaan inilah yang membuatku untuk melanjutkan ide tersebut.
Bukanlah mudah untuk mengekspresikan kata-kata kedalam suatu gambar ataupun photo dimana setiap sudut gambar ataupun photo harus bisa bercerita dan orang yang melihat nya bisa mengerti dengan mudah walaupun harus sedikit mengerutkan kening untuk bisa mengerti pesan yang ingin disampaikan sebuah gambar ataupun photo. Untuk pertama kalinya aku melakukan "Experiment Photography", hasilnya masih jauh dari yang diharapkan untuk sebuah photo yang bagus dan bersih tapi mudah-mudahan pesan yang ingin disampaikan dapat dimengerti oleh orang-orang yang melihatnya.

Hier (Kemarin)

Aujourd'hui (Hari ini)

Demain (Esok)